Translate Here

Minggu, 13 Januari 2013

Tentang Bahan Kulit

Setelah postinagan saya sebelumnya yang berjudul " Alasan Fatoni dan Andri Berjualan Sabuk Kulit" dan disana sudah saya jelaskan semua hal dan alasan saya dan mas toni berjualan sabuk kulit ini via online. tidak kalah pentingya artikel yang akan saya bahas kali ini yang masih membahas tentang bahan kulit, untuk melengkapi informasi dalam grosir sabuk kulit kami,
kulit merupakan hasil sampingan dari hewan ternak atau hewat potong bisa kambing, kelinci, sapi, dan lain sebagainya tentunya hewan-hewan itu kita konsumsi dagingya akan tetapi selain dagingya kita juga memanfaatkan bagian dari hewan tersebut seperti kulit hewan tersebut untuk dijadikan bahan kulit produksi, dan dari bahan kulit produksi itulah di buat berbagai macam barang, mulai dari tas kulit,sabuk kulit, sepatu kulit, jaket kulit dan masih banyak yang lainya.
di lihat dari segi harga kulit sangatlah bervariatif mulai ratusan ribu rupian bahkan sampai jutaan, harga kulit harga kulit hewan yang akan dijadikan bahan kulit tidak ditentukan dari lebar atau tebal kulit akan tetapi dari segi kelangkaan bahan kulit tersebut , saya contohkan kulit buaya,kulit biawak dan kulit hewan-hewan di lindungi kita contohkan kulit harimau, di pasaran internasional haraga kulit harimau sampai puluhan juta rupiah belum kulit-kulit hewan yang lainya,

untuk jenis-jenis kulit berdasarkan asal hewan meliputi


  • Hewan ternak : sapi, kerbau, kuda, Kambing, domba, babi.
  • Hewan melata : buaya, biawak, komodo, ular, kodok
  • Hewan air: ikan pari, ikan kakap, ikan tuna
  • Hewan liar: gajah, harimau
  • Burung : burung unta, ayam
Dan bahan kulit juga di kelompok kan menjadi  beberapa bagaian yaitu
  • Kulit besar (Sapi,kerbau, kuda, gajah)
  • Kulit kecil (kambing, domba, kijang, kelinci)
  • Kulit reptil (ular, buaya, biawak, kadal, kodok)
  • Kulit ikan (pari, hiu, tuna).

Itulah pengelompokan kulit berdasarkan  asal hewan dan pembagian kelompok sehingga dalam industri perkulitan hal itu sangatlah harus di perhatikan,

Jenis Kulit dalam Industri Perkulitan

Di  industri perkulitan banyak dijumpai jenis, corak, warna dan ketebalan kulit yang digunakan untuk proses produksi. Kadang-kadang masih banyak konsumen yang kurang mengerti tentang keadaan kulit dilihat dari penggolongan hasil jadinya. Beberapa jenis kulit yang dihasilkan dari proses pengolahan kulit adalah :

     Kulit Corrected Grain
    Bahan Kulit yang disamak dengan zat penyamak krom, minyak, dan sebagainya, karena kualitas kulit tidak baik yang disebabkan oleh cacat alami seperti dicambuk, penyakit cacar, ditusuk, dan lain sebagainya sehingga menimbulkan cacat pada permukaannya.Untuk mengantisipasi cacat yang ada pada permukaan kulit, maka kulit dihaluskan dengan mesin amplas sampai halus, kemudian dicat dengan menggunakan cat sintetis. akan tetapi Kualitas kulit ini kurang baik dan agak kaku karena melalui beberapa proses perbaikan .

     Kulit Artificial
    Bahan Kulit ini keindahannya terletak pada proses penyelesaian akhir,  dengan cara memberi motif tertentu, misal buaya, biawak, ular, motif kulit jeruk dsb.Tujuan pemberian motif adalah untuk menutupi cacat yang diakibatkan oleh cacat alami atau mekanis.bahan  Kulit artificial sering menyerupai aslinya atau disebut kulit 
    buatan.

     Kulit full grain
    Bahan Kulit yang disamak dengan zat penyamak full krom dengan nerf atau rajah yang masih asli, tidak dibelah atau digosok. Jenis kulit seperti ini mempunyai kualitas tinggi sehingga di pasaran jenis bahan kulit ini banyak di buru orang-orang karena kualitas bahan kulit yang asli dan bagus.

    Jenis Kulit Berdasarkan Istilahnya

     Kulit Batik
    Kulit jadi yang terbuat dari domba/kambing dan sapi.

    Kulit Beledu
    Kulit jadi yang terbuat dari kerbau, sapi, kuda, domba, kambing, dan lain sebagainya. yang disamak krom yang bagian nerf (permukaannya) diamplas halus; biasanya digunakan untuk sepatu, jaket, dll.

    Kulit Boks (Full grain, corrected grain)
    Kulit jadi yang umumnya terbuat dari kulit sapi dan banyak digunakan untuk bahan kulit sepatu bagian atas (upperleather).

     Kulit Split
    Kulit jadi berasal dari sapi, kuda, ataupun kerbau, yang dibelah dengan mesin pemotong  dan menghasilkan 2 bagian atau lebih, yaitu bagian nerf (grain split) dan daging (flesh split) yang digunakan untuk sepatu, sandal, ikat pinggang, dan sebagainya.

    Kulit Glace
    Kulit matang dari kulit sapi, kuda, kerbau, domba, kambing yang disamak krom yang sering digunakan untuk pembuatan sepatu wanita.

     Kulit Jaket
    Kulit jadi/matang yang umumnya dibuat dari kulit domba, kambing yang lazim disamak krom dan umumnya digunakan untuk jaket.

     Kulit Kering
    Kulit segar yang telah dikeringkan, biasanya dengan cara dijemur pada sinar matahari.

     Kulit Lapis (Lining)
    Kulit jadi/matang dari kulit domba, kambing, sapi, kerbau yang lazim disamak nabati, diwarna atau tidak diwarna yang digunakan untuk pelapisan.

    Kulit Lap
    Kulit jadi dari kulit domba, kambing yang disamak minyak dan diamplas pada bagian nerf sehingga menghasilkan kulit lunak, rata dan lemas; biasanya digunakan untuk bahan lap kaca, optik, dll.

    Kulit Perkamen
    Kulit mentah yang sudah dalam keadaan kering dan digunakan untuk pembuatan wayang, kap lampu, penyekat, kipas, bedug, dan sebagainya.

    Kulit Print
    Bahan Kulit yang dicetak sesuai dengan gambar yang dikehendaki, misal motif kulit jeruk, buaya, biawak, dan sebabainya.

    Kulit Samak Bulu
    Kulit dari sapi, kerbau, kuda, kambing, dll. yang disamak krom atau kombinasi dengan tidak dilepas bulunya dan digunakan untuk jokmobil, jaket, mebel, dan lain-lain.

    Kulit Sarung Tangan
    Kulit jadi/matang yang dibuat dari kulit sapi, domba, kambing yang disamak krom dan hanya digunakan untuk sarung tangan.

    Kulit Sol
    Kulit jadi/matang yang dibuat dari kulit sapi, kerbau yang disamak dengan bahan nabati, biasanya digunakan untuk sepatu bagian bawah, pelana kuda, tempat kamera dan lain-lain.

    Kulit Tas atau Koper.
    Kulit jadi/matang yang dibuat dari kulit sapi, kuda, kerbau yang disamak nabati dan digunakan untuk pakaian kuda, tas, koper, ikat pinggang.

    Kulit untuk alat olah raga
    .Kulit jadi/matang dari kulit sapi, kuda, kerbau, domba, kambing yang digunakan untuk alat olah raga, misal kulit untuk bola, sepatu bola, shuttle cock, sarung tinju, dan lain-lain.

    Jenis Kulit Berdasarkan Kualitasnya

    Bagian leher
    Kulitnya agak tebal, sangat kompak tetapi ada beberapa kerutan sehingga penggunaan kulit bagian ini hanya di tempatkan pada bagian tertentu.

    Bagian perut dan kaki

    Struktur jaringan ini kurang kompak, kulitnya tipis dan melar. Walaupun proses pengolahan atau pengawetan kulit telah dilakukan dengan hati-hati dan menurut ketentuan yang benar, namun ternyata hasilnya tidak selalu seperti yang diharapkan. Kemungkinan setelah kering, kulit menjadi tidak sama kualitasnya. Dalam perdagangan, kulit dapat di kelompokkan/dikelaskan berdasarkan kualitas dan beratnya



    itulah sedikit uraian dari saya di blog grosir sabuk kulit ini, semoga dengan apa yang saya jelaskan di atas para pembaca bisa memahami bagian-bagian kulit dan jenis kulit berdasarkan kualitas kulit, dengan artikel ini saya harapkan anda dapat membedakan kualitas kulit yang baik dan tidak seperti yang sudah saya jabarkan di atas, semoga dengan artikel saya yang berjudul "Tentang Bahan Kulit" bisa menambah pengetahuan anda sekalian saya mohon undur diri sampai ketemu di posting selanjutnya.

    1 komentar:

    Tanyakan apa yang tidak anda fahami dalam artikel atau blog kami di kotak komentar ini