Translate Here

Rabu, 09 Januari 2013

Perawatan Produk Berbahan Dasar Kulit Sintetik (imitasi,plastik,PVC)

Ok ini adalah bahasan terakhir kita setelah sebelumnya kita sudah membahas Perawatan Produk Berbahan Dasar Nappa dan Perawatan Produk Berbahan Dasar Suede sekarang waktunya membahas bagaimana cara Perawatan Produk Berbahan Dasar Kulit sintetik atau biasa di sebut orang-orang kulit palsu,plastik dll

Bahan dasar kulit sintetik sangat digemari di pasaran karena harganya yang relatif murah dan penampilanya tidak kalah bagus dengan peroduk berbahan dasar Nappa dan Suede, banyak para  produsen bahkan menyamarkan bahan sintetik ini agar serupa dengan kulit secara tekstur. Namun secara kualitas bahan kulit jauh lebih unggul dibanding bahan dasar kulit sintetik ini.
Merawat produk berbahan sintetik ini  gampang-gampang susah. Jika terbuat dari PVC permukaan cenderung kilap plastik membersihkannya pun  mudah, namun jika PU dengan permukaan yang doff warna terang anda harus berhati-hati. Jenis bahan ini gampang terkena noda. Apalagi noda tinta, hampir tidak bisa dibersihkan karena tinta sudah menyatu dengan bahan ini.

Perawatan produk berbahan dasar kulit sintetik/imitasi
 Bahan imitasi lebih  mudah perawatannya dibanding produk berbahan kulit asli disamping murah harga juga gampang dibersihkan jika terkena noda. Noda yang paling sulit adalah noda tinta sulit dibersihkan. Imitasi terdiri atas berbagai macam kualitas, kualitas yang tinggi yang menyerupai kulit perlu perawatan ekstra. Kelemahan bahan sintetik adalah ada umur pakainya, biasanya permukaan retak atau terkelupas, untuk memperlambat keretakan tersebut beri wax (silicon wax) secara teratur dan tipis-tipis saja.

Pemeliharaan Bentuk asal produk berbahan dasar kulit sintetik

  •  Sepatu: sepatu setelah digunakan, jika disimpan untuk waktu lama, isilah bagian dalam sepatu dengan kayu cedar atau kertas koran yang dilipat-lipat, 
  •  Tas: begitu pula tas yang habis dipakai & untuk disimpan lagi, bagian dalam tas beri kertas koran yang dilipat-lipat, sehingga bentuknya berisi : Selanjutnya Sepatu dan Tas dimasukkan kantong kain lalu simpan dalam kerdusnya atau letakkan jangan sampai ditumpuk jika tidak pakai kerdus, jangan lupa bagian dalam sepatu dan tas beri silika gel untuk menjaga kelembaban sehingga tidak berjamur.
Apabila sepatu, jaket & tas Anda basah, keringkan dengan kertas  atau kain bersih. Bahan sintetik relatif mudah dibersihkan, gunakan diterjen dan sikat halus untuk membersihkan noda. Selanjutnya keringkan dengan kain bersih.

Selesailah sudah semua bahasan kita tentang bagaimana cara merawat produk berbahan dasar kulit yang terdiri dari bahan kulit nappa, bahan kulit suede dan bahan kulit sintetik/plastik dari uraian di atas telah kita dapatkan kesimpulan bahwa untuk merawat barang yang kita sukai kita harus telaten dan sesuai dengan aturan , karena jika kita sendiri tidak telaten dan tidak sesuai dengan aturan maka barang tersebut meski berkualitas bagus jadinya akan sama saja dengan produk-produk yang berkualitas yang kurang bagus.

terimakasih bagi pembaca yang sudah rela meluangkan waktunya untuk membaca sedikit artikel saya tentang  Perawatan Produk Berbahan Dasar Kulit insyallah kita akan melanjutkan bahasan kita dilain kesempatan dengan tema bahan dasar kulit. semoga artikel ini bermanfaat  bagi anda semua sampai jumpa..lagi di lain kesempatan.

4 komentar:

  1. silicon wax yang buat perawatan tas kulit imitasi bisa dibeli dimana ya biasanya?

    BalasHapus
  2. info nya lengkap gan.. ijin baca ya :)

    BalasHapus
  3. jika kulit imitasinya terkelupas apakah bisa dikembalikan?

    BalasHapus
  4. (Ans)
    Makasih informasinya,
    sangat bermanfaat nih..
    http://www.lembaga-sertifikasi-iso.blogspot.com

    BalasHapus

Tanyakan apa yang tidak anda fahami dalam artikel atau blog kami di kotak komentar ini